Sunday, Jun. 25, 2017

Peran internet dalam Kehidupan Manusia

Written By:

|

September 22, 2015

|

Posted In:

Peran internet dalam Kehidupan Manusia

Meskipun Internet termasuk teknologi baru, namun bayangkan saja apabila hidup tanpa internet saat ini adalah hal yang sulit. Setiap tahun, para insinyur menciptakan lebih banyak perangkat memperbarui internet. Jaringan ini berasal dari jaringan bersaling-silang dunia dan bahkan meluas ke ruang angkasa. Tapi apa yang membuat itu semua bekerja?

Untuk memahami internet, ada sebuah sistem yang memiliki peranan penting dalam hal ini yaitu dua komponen utama. Yang pertama dari komponen-komponen hardware, merupakan komponen fisik yang membuat informasi setiap detik sampai ke komputer di depan Anda.

Jenis-jenis hardware yang mendukung Internet adalah router, server, menara ponsel, satelit, radio, smartphone dan perangkat lainnya. Semua perangkat ini bersama-sama menciptakan jaringan yang menghubungkan dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

Unsur-unsur ini dapat terkoneksi. Beberapa node komputer, smartphone atau perangkat lain yang Anda gunakan untuk membaca ini dapat digabungkan menjadi satu. Hardware yang dapat menghubungkan kita ke jaringan internet adalah server. Unsur-unsur lainnya adalah node yang berfungsi sebagai titik penghubung sepanjang rute lalu lintas. Dan kemudian ada jalur transmisi yang berupa fisik seperti kabel dan serat optik, atau ada juga sinyal nirkabel dari satelit, ponsel atau menara 4G, atau radio.

Semua perangkat keras ini tidak akan membentuk sebuah jaringan tanpa komponen kedua dari Internet yaitu protokol. Protokol adalah yang mengatur berjalannya informasi dari internet. Tanpa seperangkat protokol semua mesin yang terhubung ke Internet akan sulit untuk mencari alamat yang dituju, komunikasi antara perangkat tidak bisa terjadi tanpa protokol. Berbagai mesin tidak akan mampu untuk memahami satu sama lain atau bahkan mengirim informasi dalam cara yang berarti. Protokol menyediakan metode dan bahasa mesin yang digunakan untuk mengirimkan data.

Masalah yang terjadi dalam Protokol

Anda mungkin pernah mendengar beberapa protokol di Internet. Misalnya, protokol transfer hypertext adalah yang kita gunakan untuk melihat situs web melalui browser – itulah http di depan alamat web. Jika Anda pernah menggunakan server FTP, Anda mengandalkan protokol transfer file. Protokol seperti ini dan puluhan lainnya menciptakan kerangka kerja yang semua perangkat harus beroperasi untuk menjadi bagian dari Internet.

Dua protokol yang paling penting adalah protokol kontrol transmisi (TCP) dan Internet protocol (IP). Kita sering mendengarnya secara bersamaan, dalam kebanyakan diskusi tentang protokol internet Anda sering menyebutnya TCP / IP.

Apa yang protokol lakukan? Pada tingkat yang paling dasar, protokol ini menetapkan aturan untuk bagaimana informasi terhubung ke internet. Tanpa aturan ini, Anda terlu terhubung langsung ke komputer lain untuk mengakses informasi yang mereka punya. Anda juga akan membutuhkan komputer dan komputer target untuk memahami bahasa yang umum.

Anda mungkin pernah mendengar dari alamat IP. Alamat ini mengikuti protokol Internet. Setiap perangkat yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP. Ini adalah cara bagaimana satu komputer atau node dapat terhubung ke node yang lain melalui jaringan yang besar.

Versi IP yang banyak gunakan saat ini adalah IPv4, yang menggunakan sistem pengalamatan dengan 32-bit. Ada satu masalah besar dengan sistem ini: Kami kehabisan alamat. Itu sebabnya Internet Engineering Task Force (IETF) memutuskan kembali pada tahun 1991 bahwa perlu adanya pengembangan versi ini ke versi yang baru untuk memenuhi permintaan alamat. Hasilnya adalah IPv6, sistem alamat 128-bit. Itu sudah cukup memenuhi alamat untuk mengakomodasi meningkatnya permintaan untuk akses Internet untuk masa yang akan dating [sumber: Opus One].

Bila Anda ingin mengirim pesan atau mengambil informasi dari komputer lain, protokol TCP / IP yang akan memungkinkan transmisi dalam jaringan. Permintaan Anda terpenuhi melalui jaringan, menggunakan server nama domain (DNS) di sepanjang jalan untuk menemukan server target. DNS menunjukkan permintaan dalam arah yang benar. Setelah server target menerima permintaan,kemudian dapat mengirimkan respon kembali ke komputer Anda. Data mungkin menempuh jalan yang sama atau berbeda untuk dapat kembali kepada Anda. Cara ini fleksibel untuk transfer data sebagai bagian dari Internet.

Saat ini Internet merupakan suatu alat yang sangat penting dalah kehidupan manusia, baik untuk memudahkan komunikasi agar lebih cepat, maupun kebutuhan ekonomi masyarakat saat ini juga banyak yang menggunakan internet untuk menunjang kebutuhan ekonominya seperti sudah banyak toko online yang berdiri. Namun dimana ada sisi positif pasti juga ada sisi negatif yang mengintai, banyaknya kejahatan yang terjadi melalui jaringan internet atau sosial media. Itu semua kembali pada diri kita masing-masing sebagai muslim yang baik kita penting untuk mengolah atau menerima informasi dengan benar dan bijak. (Ratih Septia Giri)

Share This Article

Related News

Proyektor Portabel Terbaik Tahun 2015
Facebook Meluncurkan Perangkat Baru untuk Mengatasi Pencurian Video
Cara Cerdas Menjadi Technopreneur

About Author

webadmin

Leave A Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>